Dalam rangka memenuhi kewajiban sebagai dosen, yakni Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Sebagai Institusi STAI Asy-Syukriyyah wajib untuk mendorong dan memfasilitasi ketiga kegiatan dosen atau yang disebut Tridharma Perguruan Tinggi tersebut. Melalui LPPM STAI Asy-Syukriyyah mengutus Dr. Irwan Maulana, Lc, M.Si untuk melakukan kegiatan PKM dalam bentuk pemberdayaan masyarakat berbasis Masjid.

Ditengah kondisi masih adanya pandemi Covid-19, walaupun kegiatan ini dilakukan dengan tatap muka, akan tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 29 Januari 2022 mulai pukul 16.00 – selesai, yang dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama adalah pemberian materi tentang pemberdayaan masjid sebagai sentra Baitul Maal wa Tanwil. Materi kedua adalah tentang tips transformasi masjid sebagai solusi dari kehimpitan umat dalam ekonomi, serta bagaiman cara mendirikan BMT sebagai salah satu solusi dalam permasalahan umat yang bisa diselesaikan oleh masjid.

Terdapat lebih dari 30 peserta yang bergabung dalam acara seminar ini, yang berasal dari masyarakat sekitar masjid dan DKM Masjid Nurul Huda. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul saat sesi tanya jawab berlangsung.