STAI Asy-Syukriyyah telah mengutus 3 orang dosen untuk memberikan literasi tentang riba kepada masyarakat di RW 5 Kelurahan Kutabaru Pasar Kemis Tangerang. Kegiatan dalam rangka Pengabdian Kepada Masarakat (PKM) tersebut dilaksanakan di hari Ahad 31 Desember 2021 ini dihadiri oleh sekitar 50-an anggota masyarakat, bertempat di Masjid Jami Al-Barokah. Para dosen yang diutus dari dari Prodi Perbankan Syariah dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah memiliki kompetensi untuk memberikan pemahaman riba lebih komprehensif dan dari berbagai perspektif agar tidak terperangkap dalam praktek riba, sesuai tema PKM yaitu Literasi Riba dalam Perekomian Modern.

Dr. M. Nurul Alim selaku ketua kelompok dosen membuka PKM tersebut dengan menyampaikan urgensi masyarakat memahami riba karena transaksi riba terselubung kerap dilakukan oleh para pelaku bisnis dengan nama dan mekanisme yang berbeda. Kajian fikih riba dan dasar hukumnya disampaikan oleh Farhan Kamiluloh, M.Ag untuk menambah khazanah pengetahuan masyarakat bahwa riba terjadi di berbagai aktifitas ekonomi, baik dalam jual beli dan utang piutang. Bank syariah sebagai salah satu solusi riba dibahas oleh Djaka Suryadi, MM, Ph.D (C) dengan menjelaskan perbedaannya dengan lembaga keuangan konvensional. Penyampaian materi ditutup dengan penjelasan tentang dampak riba dalam perekenomian modern, baik secara mikro maupun makro.

Melihat antusias jamaah yang ditandai dengan tanya jawab, Haji Endang Waryo selaku Ketua DKM mengapresiasi kegiatan PKM dari para dosen STAI Asy-Syukriyyah. Tema yang diangkat diakui masih jarang disampaikan oleh para penceramah mereka. Masyarakat berharap agar kegiatan PKM berikutnya diadakan lagi di tempat mereka dengan mengangkat tema lain tentang ekonomi syariah. (NA 010221).