Dalam rangka Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Asy-Syukriyyah, diselenggarakan kegiatan pemberian materi pada hari Rabu, 25 November 2020. Kegiatan ini terselenggara di Rumah Tahfizh Nurul Qur’an At-Taqwa yang beralamat di Jl. Kampung Kelapa PLN No. 7 Cikokol, Kota Tangerang, Banten.

Acara yang mengusung tema “Implementasi Irama Murattal dan Mujawwad dalam Keterampilan Membaca Al-Quran Anak” bersama dosen PGMI STAI Asy-Syukriyyah Rahmat Solihin, M.Pd. dan diikuti oleh Santri serta pengajar pada Rumah Tahfizh Nurul Qur’an At-Taqwa Tangerang.

Dalam materinya, Ustadz Rahmat memberikan materi kepada para santri yang notabene adalah anak-anak usia SD/MI dengan santai dan menyenangkan, sehingga santri tidak merasa sedang mendengarkan materi, tetapi mendengarkan cerita motivasi sekaligus belajar bersama bagaimana membaca Al-Quran dengan suara yang indah.

Diawali dengan cerita para sahabat Rasulullah yang memilliki suara indah ketika membaca Al-Quran. Santri sangat tertarik dengan cerita ini. Barulah kemudian dilanjutkan dengan materi berikutnya. Di antara keterampilan membaca Al-Quran dengan indah adalah dengan membaca dengan lambat (tilawah/mujawwad) dan dengan agak cepat (tartil/murattal). Kedua irama inilah yang masyhur digunakan oleh para pembaca (qari) di seluruh dunia dalam membaca Al-Quran. Alhamdulillah dengan dilaksanakannya kegiatan ini, menjadi titik awal bagi semua sivitas yang terlibat dalam pembelajaran Al-Quran, terlebih lagi pada pembelajaran Al-Quran anak.

Meskipun pada dasarnya, keterampilan membaca Al-Quran dengan suara yang indah ini tidak dapat dikuasai secara instan, apalagi hanya satu kali pertemuan saja. Hal ini tetap penting untuk dilaksanakan sebagai pengenalan kepada anak, serta untuk menumbuhkan kecintaan mereka kepada Al-Quran, serta berusaha agar selalu membaguskan bacaan ketika membaca Al-Quran.