Tangerang Selatan, 2 Juli 2024 – Dalam mewujudkan pendataan yang berkualitas, Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pendataan EMIS, PD Dikti dan SISTER perguruan tinggi keagamaan Islam swasta (PTKIS) binaan. Kegiatan ini mengundang para operator masing-masing PTKIS dan berlangsung selama dua hari (2 s.d 3 Juli 2024) berlokasi di Syahida Inn UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pada kesempatan ini, STAI Asy-Syukriyyah Tangerang diwakili oleh Mugni Sulaeman, S.E.Sy sebagai operator PDDIKTI dan EMIS. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Kopertais 1, A.M Hasan Ali, M.A dan dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya pendataan merupakan hal yang sangat penting dalam tata kelola perguruan tinggi dan operator menjadi pondasi yang mengokohkan operasionalnya.

Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIS) memiliki dua induk organisasi naungan, yakni Kementerian Agama dan Kemendikbud Ristek Dikti sehingga terdapat aplikasi pendataan yang berbeda yakni Education Management Information System (EMIS) untuk naungan Kementerian Agama serta Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) untuk naungan Kemendikbud Ristek Dikti.

Hal yang sering kali menjadi kendala dalam pendataan adalah problem sinkronisasi data, yakni adanya input data berulang di masing-masing aplikasi dan menimbulkan perbedaan data. Melalui kegiatan monitoring dan evaluasi ini, Kopertais 1 berharap dapat dihasilkan data yang valid dan berkualitas sehingga segala kebijakan yang diambil oleh Pemerintah dapat tepat guna dan tepat sasaran.

 

Bagikan