Rapat Kerja Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten dengan para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) telah menjadi agenda tahunan, dan di 2021 ini mengangkat tema “Penguatan Institusi Dan Sumber Daya Manusia PTKIS”, diselenggarakan pada hari Senin-Rabu 7-9 Juni 2021 bertempat di Hotel Rancamaya Bogor.

Raker yang dihadiri oleh 80 pimpinan PTKIS ini diikuti pula oleh Pimpinan STAI Asy-Syukriyyah yang diwakili oleh Dr. M. Nurul Alim, SE, ME selaku Wakil Ketua II. Raker secara resmi dibuka oleh Menteri Agama RI diwakili oleh Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani S.TP M.T selaku Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Dalam sambutannya, Dirjen Pendis menyampaikan kebijakan Ditjen Diktis untuk menjadikan PTKIS maju dan unggul.

Para narasumber di raker ini antara lain Prof. Dr. Hj. Amany Lubis selaku Koordinator Kopertais Wilayah 1 yang juga Rektor UIN Jakarta, Prof . Dr. Ahmad Thib Raya, M.A selaku Wakil Koordinator Kopertais dan Dr. Supriyadi Ahmad, M.A selaku Sekretaris Kopertais. Narasumber lain yang juga dihadirkan antara lain Ketua Dewan Eksekutif BAN-PT Prof. Dr. T. Basaruddin, memaparkan peran akreditasi dalam peningkatan kualitas PTKIS, Direktur PTKI, Prof. Dr. Suyitno M.Ag menjabarkan Good University Governance, Drs Abdul hamid Cebba MBA, AK, CA, CPA mengenalkan aplikasi E-SMS dalam penguatan insititusi PTKIS;  serta Bapak Septo, Asisten I, mewakili Gubernur Banten. Pengarahan dari para narasumber memberi inspirasi dan motivasi untuk penguatan institusi dan peningkatan SDM PTKIS.

Raker ini merupakan bagian dari proses pengawasan, pengendalian, pembinaan, dan pemberdayaan oleh Kopertais dalam memperkuat institusi. Kegiatan ini juga untuk memberikan informasi tentang kebijakan-kebijakan Pemerintah terhadap Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta. Rapat kerja di hari kedua dilanjutkan dengan rapat komisi-komisi untuk merencanakan program kerja di bidang kelembagaan, ketenagaan dan akademik dengan melibatkan Asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (APTIKIS).

Kegiatan tahunan ini selain untuk menjalin komunikasi antara Kopertais dan PTKIS, juga diharapkan meningkatkan tata kelola PTKIS dan memperkuat kualitas sumber daya manusia. (NA 100621)