Dalam rangka Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Asy-Syukriyyah, maka diselenggarakan sebuah kegiatan khusus pemberian materi motivasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Juni 2024 di Pondok Pesantren at-Taqwa Darul Mu’min yang terletak di Blendung, Kecamatan Benda, Tangerang.

Pondok Pesantren ini salah satu pondok pesantren yang masih dalam masa merintis dengan jumlah santri 135 orang untuk tahun ini. Pimpinan pondok pesantren bernama H. Khudori, Lc., salah satu alumni pesantren modern Gontor yang kemudian melanjutkan pendidikan strata satu di Madinah. Oleh karena itu model pendidikan pesantren at-Taqwa ini ada kemiripan dengan model pendidikan di pesantren Gontor terutama dari segi kurikulumnya. Beliau menerapkan kurikulum KMI (Kulliyatul Mu’allimat Islamiyah) yang berprogram selama 6 tahun setingkat MTs sampai MA. Untuk saat ini, pesantren hanya menerima santri putri saja.

Kegiatan PKM di Pondok Pesantren at- Taqwa ini mengambil tema “Kisah Wanita Inspiratif Dalam al-Qur’an” yang dilakukan oleh salah satu dosen IAT STAI Asy-Syukriyyah Nunung Lasmana, MA. serta didampingi oleh dua mahasiswi IAT semester 6 yang bernama Lu’lu Sya’bania Ahmad dan Dalila Aulia. Adapun pesertanya adalah seluruh santriwati yang ada di pondok pesantren. Dan alhamdulillah, kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh para santriwati. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi serta semangat baru untuk para santriwati agar tidak mudah menyerah dalam meraih cita-cita dan tidak mudah mengeluh terhadap kondisi yang ada. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan adanya pembagian reward bagi santri yang bertanya dan yang dapat menjawab pertanyaan.

Dalam materinya, bu Nunung menyampaikan kisah-kisah tentang para wanita inspiratif yang disinggung dalam al-Qur’an. Di antaranya adalah:

  1. Hanna Istri ‘Imran dalam Q.S. Ali ‘Imran [3]: 35-36 yang digambarkan sebagai sosok wanita yang taat dalam beribadah dan tawakkal.
  2. Maryam Binti ‘Imran dalam Q.S. at-Tahrim [66]: 12 sebagai sosok wanita yang selalu memelihara kehormatannya.
  3. Siti Hajar Istri Nabi Ibrahim Q.S. Ibrahim: 37 sebagai sosok wanita yang sangat sabar dan tawakkal atas ketetapan Allah SWT.
  4. Sarah Istri Ibrahim Q.S. Hud [11]: 71-72 sebagai sosok wanita yang sangat sabar dan sangat menghormati suaminya.
  5. Ratu Balqis dalam Q.S. an-Naml [27]: 32-33 yang digambarkan sebagai seorang pemimpin wanita yang sangat mengutamakan kemaslahatan masyarakatnya dan selalu bermusyawarah dengan bawahannya untuk memperoleh keputusan negara yang tepat.
  6. Ibu Musa dalam Q.S. al-Qoshos [28]: 7 sebagai contoh wanita yang sangat tawakkal kepada Allah SWT
  7. Asiah Isteri Fir’aun dalam Q.S. at-Tahrim [66]: 11 sebagai contoh wanita yang taat kepada Allah, sabar dalam menghadapi kemurkaan yang keji, dan berpegang teguh pada keimanan kepada Allah SWT.
Bagikan