Wakil Ketua I Bidang Akademik STAI Asy-Syukriyyah Tangerang, Rahmat Solihin, M.Pd. mengikuti kegiatan sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu internal (SPMI) dan Akreditasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh Kopertais I DKI Jakarta dan Banten. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Aula Kopertais I pada hari Rabu, 26 Juni 2024 dan dihadiri oleh perwakilan pejabat akademik dari 68 Perguruan Tinggi di lingkungan Kopertais I.

Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D. yang menjadi pemateri pada kegiatan ini menyampaikan banyak hal penting terkait Sistem Penjaminan Mutu internal (SPMI) dan Akreditasi Perguruan Tinggi. Beliau adalah anggota Dewan Eksekutif BAN-PT 2021-2026 yang merupakan Guru Besar Perbandingan Hukum (Comparative Law) pada Fakultas Hukum Universitas Jambi. Dalam materinya, beliau menyampaikan beberapa poin penting di antaranya:

  • Dari 4423 perguruan tinggi, ada lebih dari 1000 perguruan tinggi yang tidak terakreditasi.
  • Status akreditasi ke depan nantinya hanya ada 2, yaitu terakreditasi dan tidak terakreditasi.
  • Status terakreditasi dari BAN-PT dan LAM diperpanjang melalui mekanisme automasi.
  • Dalam hal terdapat dugaan penurunan mutu pada PT atau PS dengan Status Terakreditasi sehingga PT atau PS tidak lagi memenuhi SN Dikti, BAN-PT atau LAM dapat melakukan Akreditasi ulang menggunakan mekanisme asesmen oleh asesor sebagaimana dimaksud dalam Ps.

Melalui sesi-sesi interaktif dan diskusi yang dilaksanakan, para peserta yang hadir memberikan sambutan baik dan berdiskusi terkait pelaksanaan penjaminan mutu dan akreditasi di lingkungan masing-masing perguruan tinggi.

Kegiatan ini dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A. di mana pada sesi kedua ini berfokus pada perguruan-perguruan tinggi yang statusnya masih merah dalam hal akreditasi mereka di database Kopertais I. Beliau mendampingi dan sekaligus memberikan tata cara teknis dan operasional tentang bagaimana agar akreditasi di perguruan tinggi mereka menjadi lebih baik dalam status akreditasinya.

Dalam hal ini, STAI Asy-Syukriyyah memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi yang lain untuk terlibat lebih banyak pada sesi kedua karena STAI Asy-Syukriyyah Tangerang tidak termasuk pada catatan Kopertais I yang data akreditasinya masih merah. STAI Asy-Syukriyyah Tangerang sudah memiliki akreditasi Baik untuk institusi dan akreditasi Baik Sekali, Baik, dan B pada semua prodinya.

Kegiatan sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu internal (SPMI) dan Akreditasi Perguruan Tinggi ini di akhiri dengan harapan bahwa semua perguruan tinggi, terutama yang berada di lingkungan Kopertais I DKI Jakarta dan Banten dapat terus meningkatkan mutu dan akreditasinya untuk mewujudkan kualitas pendidikan tinggi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

(Rahmat Solihin)

 

Bagikan