Jakarta, 29 Juli 2021, STAI Asy-Syukriyyah ikut serta dalam kegiatan sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Akreditasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Kopertais Wilayah 1 DKI Jakarta dan Banten. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual via Zoom pada Kamis, 29 Juli 2021.

Penyelenggara kegiatan ini adalah KOPERTAIS Wilayah 1 DKI Jakarta dan Banten ini. Perwakilan dari STAI Asy-Syukriyyah yang menghadiri kegiatan ini adalah Dr. Evan Hamzah Muchtar, M.E.Sy selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Mugni Sulaiman, SE.I selaku Operator PDDIKTI dan EMIS.

Sugiyono, Ph.D, Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selaku narasumber pertama memaparkan materi tentang Implementasi Kebijakan BAN-PT menuju Akreditasi Unggul. Selain itu Bapak Sugiyono juga memberikan motivasi kepada para peserta yang hadir untuk bersama-sama membangun dan meningkatkan mutu Institusi dan Program Studi di Perguruan Tinggi masing-masing. Diakhir paparannya beliau menyampaikan pesan yakni, “Quality is generally transparent when present, but easily recognized in its absence”.

Narasumber kedua yaitu Prof. Dr. Ir. Siti Muslimah Widyastuti, M.Sc. yang merupakan Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memaparkan tentang kisi-kisi penyusunan Borang APT dan APS menuju PTKIS Unggul. Lebih lanjut beliau menyampaikan perguruan tinggi perlu memahami dan mengetahui syarat yang diperlukan dalam akreditasi baik untuk program studi maupun institusi.

“Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) 3.0 dan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) perlu dipahami dan dipenuhi standarnya. Tim akreditasi juga harus diberikan bekal strategi dalam penyusunan LKPS dan LED pada instrument Akreditasi. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah mengisi form LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) dan LED (Laporan Evaluasi Diri) yang tersedia pada laman banpt.or.id dengan memperhatikan matriks penilaian, review, perbaiki dan revisi, siapkan dokumen pendukung, review, dan terakhir Upload.” Jelas Prof. Wid.

Pada kesempatan yang sama Dr. H. Supriyadi Ahmad, MA selaku Sekretaris Koordinator Kopertais Wil 1 DKI Jakarta dan Banten mengapresiasi narasumber dan berterima kasih kepada para peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini mulai pagi hari pada pukul 08.30 – 16:00 WIB. “Sebuah perguruan tinggi perlu melakukan upaya-upaya untuk menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dengan menunjukkan bukti-bukti yang shahih. Digitalisasi berkas akreditasi dan instrument penting perguruan tinggi perlu dilakukan serta menyimpannya pada dashboard (tempat terpusat)”. Demikian dikemukakan oleh Supriyadi.

“Perlunya saling sapa (Saling Aruh), duduk bersama membahas kualitas perguruan tinggi dan PRODI (Lungguh), memberikan sesuatu yang terbaik bagi perguruan tinggi dan prodi (Suguh), bergegas dan antusias dalam melakukan pekerjaan (Gupuh).” Jelas Bapak Supriyadi.

Kegiatan ini dipandu oleh Dian Nurbani (Sub Bag. Kelembagaan) selaku moderator, dengan dihadiri oleh Dr. Supriyadi Ahmad, MA selaku Sekretaris Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten, Ibu Helmi Halimatul Udhmah, S.Sos., M.Si (Sub. Bag. Bina PTKIS), serta para peserta yang terdiri dari pimpinan PTKIS, LPM, dan Operator PTKIS binaan Kopertais Wilayah 1 DKI Jakarta dan Banten.

EHM.