SIQTAFEST 2024

Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAI ASY-SYUKRIYYAH telah menyelenggarakan program kerja Divisi Litbang yaitu kegiatan STAI Asy-Syukriyyah IQTAF Festival (SIQTAFEST) 2024. Tujuan dari kegiatan ini di antaranya, sarana Fastabiqul Khairat dalam lingkup Al-Qur’an, untuk mengapresiasi para Penghafal Al-Qur’an, sebagai pembekalan untuk mempelajari dan menjalankan seluruh aspek keilmuan dalam berdakwah, mempererat persaudaraan, dan mengupayakan pengamalan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir secara menyeluruh baik dikalangan mahasiswa maupun masyarakat.

Alhamdulillah telah terselenggara Acara pembukaan dari kegiatan SIQTAFEST, yakni Seminar Al-Qur’an yang diselenggarakan pada Hari Ahad, 6 oktober 2024. Seminar Qur’an SIQTAFEST telah dihadiri lebih dari 100 peserta. Acara dimulai pada pukul 8:45 dengan rangkaian acara pembukaan, tilawah, sambutan-sambutan diantaranya sambutan dari Nuriyahna Febrianti (Mahasiswi IAT semester 7) sebagai ketua pelaksana, Muhammad Fikri Ardani ketua FKMTHI, dan ustadz Ahmad zubairin LC.MA sebagai Ketua Prodi Ilmu Al-qur’an dan Tafsir . Setelah sambutan selesai, dilanjutkan dengan acara inti, yakni penyampaian materi pertama oleh ustad Risyad Baya’sud didampingi oleh saudara Fahmi Nurrohman (mahasiswa prodi IAT Semester 7) sebagai Moderator. Dan penyampaian materi kedua oleh Dr. Ali Akbar, S.S., M.Hum yang di damping oleh ustad Dr. Supriadi M.Ag.

Materi yang disampaikan berkaitan dengan tema “Qur’an Life Hacks : trik hidup sukses di dunia modern”. di dalamnya, Ustad Risyad  menyampaikan materi tentang makna kesuksesan yang sebenarnya di dalam Al-qur’an. Beliau menyampaikan pendapatnya tentang perbedaan dan persamaan kesuksesan di dunia dan di akhirat, serta bagaimana cara agar bisa meraih kesuksesan tersebut. Peserta sangat antusias mendengar materi beliau.

Sesi materi kedua yang di sampaikan oleh dr. Ali Akbar, yaitu berkaitan dengan tema “Al-qur’an dan sains : mengungkap Sejarah manusia dan Arkeologi Al-qur’an. Yaitu bagimana awal mula manusia di ciptakan dari zaman nabi adam hingga nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW, dan Alkeologi Al-qur’an yaitu menggunakan Al-qur’an sebagai objek atau data Arkeologi, membuktikan kebenaran kisah-kisah nabi dalam Al-qur’an dan memahami konteks Al-qur’an dengan lebih baik. Sesi penyampaian materi diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator serta foto bersama yang dipandu oleh tim dokumentasi.

Setelah penyampaian materi sebagai acara inti selesai, acara dilanjutkan dengan beberapa rangkaian menuju penutupan acara,yakni pembacaan doa yang di pimpin oleh saudara Fathurrohman (mahasiswa IAT semester 5) . Acara pun diakhiri pada pukul 12:00.

Scroll to Top