Dalam rangka Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Asy-Syukriyyah, diselenggarakan kegiatan pemberian materi pada hari Kamis, 1 April 2021. Kegiatan dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai pukul 11.35 WIB. Kegiatan ini terselenggara di MA Al-Masfuriyah Cipondoh Kota Tangerang Banten.

Acara yang mengusung tema “Mental Pemenang” bersama dosen PAI dan PGMI STAI Asy-Syukriyyah yaitu Dahari, S.Sos. M.Pd.I. dan Rahmat Solihin, M.Pd. ini diikuti oleh siswa serta pengajar pada MA Al-Masfuriyah Cipondoh Kota Tangerang Banten.

Materi disampaikan selama dua sesi dengan topik yang saling berkaitan, yaitu tentang bagaimana memiliki mental seorang pemenang. Dalam materinya, Ustadz Dahari dan Ustadz rahmat menyampaikan bahwa di dalam Al-Quran, kaum Muslim diingatkan agar memiliki kesiapan mental sebagai pemenang, memiliki rasa percaya diri (self confidence) yang tinggi, dan tak boleh memelihara sikap keluh kesah (blaming) apalagi sindrom rendah diri. “Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati. Padahal, kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya) jika kamu orang-orang yang beriman. (QS Ali Imran [3]: 139).

Untuk menjadi pemenang, selain memiliki ilmu (knowledge) dan keterampilan tinggi (skillful), kita perlu membekali diri dengan empat kekuatan lain. Pertama, visi atau cita-cita yang tinggi (himmah aliyah). Perlu disadari bahwa manusia hanya sebesar visinya, tak lebih dari itu. Visi adalah kekuatan, karena menurut para ulama visi bisa merobohkan hambatan sebesar gunung sekali pun (himmat al-rijal tahdim al-jibal).