Kembali kampus STAI Asy-Syukriyyah telah mengutus 1 orang dosen melalui LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), dari prodi PAI (Pendidikan Agama Islam) yakni Dr. (C) Almaydza Pratama Abnisa, S.S. M.Pd.I.  untuk memberikan materi tentang “Buku sebagai Jendela Kehidupan”. Kegiatan dalam rangka Pengabdian Kepada Masarakat (PKM) tersebut dilaksanakan di hari Minggu,  19 September 2021 ini dihadiri oleh sekitar 60 an santri, bertempat di TPQ Subulussalam, Buaran Indah, Kota Tangerang, Banten.

Pemaparan materi diawali dengan memaparkan pentingnya buku sebagai jendela kehidupan, buku menjadi penafsir pertama dan utama dari visi dan misi sebuah pendidikan. Buku memberikan banyak ilmu, informasi dan berbagai perspektif pengetahuan bagi peserta didik untuk berfikir sesuai dengan perkembangan peserta didik. Hal ini menjadi penting karena membuat pendidik dan peserta didik akan senantiasa merasa tercerahkan dengan situasi dan tantangan-tantangan baru yang menstimulus nalar untuk selalu memperbarui cara pandang terhadap situasi yang dirasakann di lingkungan sekitar.

Buku yang baik ialah buku yang dapat memotivasi akal untuk berfikir dengan nalar yang dinamis. Ciri-ciri buku yang baik adalah yang bermakna, mendorong semangat belajar, menjadi perhatian, membangun kemandirian, dan memiliki makna untuk menemukan nilai. Sehingga ketika peserta didik membaca buku, maka peserta didik akan dapat menangkap pesan dan makna yang terkandung. Dengan demikian membaca buku yang baik akan menjadikan peserta didik bisa tahu makna dan hasil yang diharapkan.

Melihat antusias peserta didik yang ditandai dengan perhatian dan interaktif dalam menyimak materi. Tema yang diangkat diakui masih jarang disampaikan oleh para pendidik mereka. Masyarakat berharap agar kegiatan PKM berikutnya diadakan lagi di tempat mereka dengan mengangkat tema lain.