Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan sekuensial dari pendidikan dan penelitian yang terikat dalam tridharma perguruan tinggi. Secara filosofis, PKM merupakan wujud konkrit dari penerapan ilmu (aksiologi) yang bersifat siklus atau umpan balik (feed back), sehingga “jika dilaksanakan dengan baik, benar, sistematis dan konsisten (sesuai peta jalan dan rencana strategis)”, maka hasilnya bukan hanya memberdayakan dan memandirikan masyarakat serta menguatkan daya saing bangsa, tetapi akan semakin membangun dan menguatkan pendidikan dan penelitian.

Secara praktis, PKM bersifat umum, artinya dapat diterapkan dan dilaksanakan dalam berbagai ruang dan masyarakat (baik di perkotaan, di pinggiran perkotaan maupun di pedesaan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri), dapat dilaksanakan secara mandiri atau melalui kerja sama dengan berbagai pihak terkait (mitra atau stakeholders), serta dapat dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa.

Idealnya, PKM dilaksanakan secara terencana, konsisten dan berkelanjutan, sehingga menghasilkan luaran (outcome) yang jelas bagi lembaga pendidikan tinggi, baik prodi maupun institusi.

Adapun tujuan Kegiatan ini adalah untuk:

  1. Agar menyadarkan masyarakat betapa penting dan besar keutamaannya membaca al-Qur’an.
  2. Agar memberikan semangat dalam menjalankan ibadah khusus yang membaca al-Qur’an dimasa pandemi Covid 19.
  3. Memberikan pemahaman tentang penting nya membaca al-Qur’an dengan benar dan tertib.

Tema dalam kegiatan ini adalah “Pembinaan Tahsin Tilawah di masa Pandemi Covid 19 dan Penanaman Kecintaan Terhadap Al-Qur’an”

Yang menjadi sasaran dalam program ini adalah jamaah masjid Nurul Iman Masyarakat sekitar, masyarakat sekitar, Masjlis Ta’lim  bapak-bapak dan ibu-ibu, dan Santri MD Miftahul Ulum.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu dan MInggu, 27-28 Februari 2021, yang bertempat di Masjid Nurul Iman Desa Cianting Utara, Kec. Sukatani, Kabupaten Purwakarta. Materi yang biberikan berupa Pembinaan Tahsin pada Masa Pandemi Covid 19 dan Penanaman Kecintaan kepada Al-Qur’an.

Secara umum pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dapat berjalan dan selesai sebagaimana yang telah direncanakan, meski tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan selama berlangsungnya acara.

Terima kasih atas bimbingan serta arahan Ust. Jamaluddin, Lc,MA selaku Ketua STAI Asy-Syukriyyah, Ust. Ahmad Zubairin, Lc, MA, selaku ketua Prodi IAT, Ustadz Mohamad Maulidin Alif, M.Pd selaku Ketua LPPM STAI Asy-Syukriyyah Ustadz Encik Sihabuddin, selaku DKM Nurul Iman Cianting Utara Purwakarta, Pimpinan Yayasan Pesantren Miftahul Ulum, civitas akademik STAI Asy-Syukriyyah Tangerang serta pihak-pihak lain yang turut membantu di dalam program ini.

Pada akhirnya kami serahkan sepenuhnya hanya kepada Allah SWT agar semua pihak terkait sukses nya program ini diberikan pahala dan ganjaran yang besar.

-Supriadi-