Kembali kampus STAI Asy-Syukriyyah telah mengutus seorang dosen melalui LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), dari prodi PAI (Pendidikan Agama Islam) yakni Dr. (C) Almaydza Pratama Abnisa, S.S. M.Pd.I.  untuk memberikan Kajian tentang Meningkatkan Semangat Belajar di Bulan Ramadhan. Kegiatan dalam rangka Pengabdian Kepada Masarakat (PKM) tersebut dilaksanakan di hari Sabtu  01 Mei 2021 ini dihadiri oleh sekitar 50 an santri, bertempat di Yayasan Yatim Piatu Al-Ihsan Pondok Bahar Karang Tengah, Banten.

Pemaparan materi diawali dengan Memaparkan sangat mulianya bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya di turunkan Al-quran. Bagi kaum Muslim di seluruh dunia, Bulan Ramadhan atau biasa dikenal juga dengan Bulan Puasa merupakan bulan yang penuh kemuliaan. Terlebih di Bulan suci ini, selain merupakan bulan penuh ampunan, semua amal kebaikan  juga dilipatgandakan pahalanya. Tak heran, kaum muslim di seluruh dunia berlomba untuk meningkatkan ibadahnya di sepanjang bulan ramadhan ini.

Meski demikian, para pelajar juga jangan melupakan kewajiban belajar, agar memiliki keseimbangan antara waktu untuk meningkatkan ibadah juga bisa meningkatkan produktivitas belajarnya. Lalu bagaimana caranya agar kedua hal tersebut dapat dijalankan secara bersamaan?.

Berikut adalah tips belajar di bulan Ramadhan, biar tetap semangat dan dapat meningkatkan produktivitas ibadah dan belajar sekolah:

  1. Atur ulang waktu belajar,
  2. Lakukan belajar cerdas bukan belajar keras,
  3. Batasi aktifitas yang kurang bermanfaat,
  4. Atur waktu istirahat secukupnya.

Melihat antusias santri yang ditandai dengan tanya jawab, peserta di yayasan Al-Ihsan. Tema yang diangkat diakui masih jarang disampaikan oleh para penceramah mereka. Masyarakat berharap agar kegiatan PKM berikutnya diadakan lagi di tempat mereka dengan mengangkat tema lain berkaitan Istiqomah dalam melaksanakan pembelajaran.