Dalam rangka program kerja strategis terkait peningkatan kualitas SDM ekonomi syariah  pada pendidikan tinggi dalam rangka link and match antara perguruan tinggi dengan industri, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menyelenggarakan kegiatan Workshop tentang Sinergi Edukasi dan Penyelarasan Kurikulum Ekonomi Syariah. Workshop ini diadakan pada Selasa 5 Oktober 2021 bertempat di Auditorium Gedung FEB Lantai 4 Kampus Untirta Baru Sindangsari. Acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman MT dan dihadiri oleh Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Dr. Sutan Emir Hidayat.

Workshop sesi pertama memaparkan buku teks ekonomi Syariah yang diterbitkan oleh KNEKS. Narasumber di sesi ini adalah Nashr Akbar, M.Ec dari IAI Tazkia sebagai salah satu penulis buku Pengantar Ekonomi Islam, Nurizal Ismail,ME sebagai salah satu penulis buku Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam dan Dr. A. Jajang W. Mahri, M.Si dari UPI sebagai salah satu penulis buku Ekonomi Pembangunan Islam. Ketiga buku ini menjadi kerangka acuan pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) oleh para dosen pengampu 3 mata kuliah di atas dan buku teksnya menjadi referensi mahasiswa. Buku tersebut telah dipublikasikan oleh KNEKS sehingga dapat diunduh gratis di situs https://kneks.go.id/satu-pusatdata/7.

Workshop sesi kedua membahas tentang Penyelarasan Kurikulum Ekonomi Syariah dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan narasumber Hayati Zahri, M.Psi, Psi dari divisi Pengembangan SDM Ekonomi Syariah KNEKS, Dr. Syihabudin, M.Si dari LP3M Untirta,  Sulistyo Hadisampurno dari Human Capital Bank Muamalat dan Samsul Hadi, STP, MM, CIRBD sebagai Direktur BPRS Muamalah Cilegon. Diskusi sesi kedua berkenaan dengan sosialisasi panduan pelaksanaan magang/praktik kerja di sektor ekonomi dan keuangan syariah dalam mendukung MBKM. Program magang ini memberi ruang belajar bagi mahasiswa untuk mempraktikan teori dan konsep dalam dunia praktis (kerja), khususnya di lembaga keuangan syariah.

Hadir sebagai peserta workshop ini yaitu para ketua prodi rumpun ekonomi syariah dari 26 perguruan tinggi se-Propinsi Banten. STAI Asy-Syakriyyah mengutus Dr. M. Nurul Alim, ME mewakili Kaprodi Perbankan Syariah. Kegiatan ini telah terselenggara dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19. (NA 061021)