Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) al-Musyarrofah Wakhid adalah salah satu pesantren tahfidz yang terletak di kecamatan Cipondoh-Tangerang. Sebab itu, akhtivitas belajar-mengajar di PPTQ ini tidak mengikuti kurikulum yang berlaku pada umumnya. Namun demikian, ada beberapa materi penunjang lainnya seperti Ilmu Tajwid, Ilmu Fiqh, Nahwu-Shorf, Hadits, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.  PPTQ ini hanya menerima santri putri dari tingkat SD sampai SMA.

Letaknya yang tidak jauh dari kediaman membuat salah satu dosen kami di STAI Asy-Syukriyyah yang bernama Nunung Lasmana, MA. merasa tergugah untuk memberikan mereka pemahaman bahwa disamping menghafal al-Qur’an diperlukan adanya pemahaman terhadap isi kandungan al-Qur’an sehingga dapat terlahir dari dalam diri sebuah akhlak yang Qur’ani. Sebab itulah kegiatan PKM yang diadakan melalui LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ) STAI Asy-Syukriyyah ini mengusung tema “Membumikan al-Qur’an Sejak Dini Melalui Pembelajaran Bahasa Arab” dengan judul materi “Perenungan Makna Nuzulul Qur’an Dalam Q.S. al-Qadr:1 dan Q.S. al-Baqarah: 185.

Kegiatan PKM ini diadakan pada bulan Ramadhan bertepatan pada tanggal 27 April 2021 dengan diikuti oleh sebanyak 33 santri dari tingkat SMA. Kegiatan diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh moderator dan dilanjutkan dengan pemberian materi. Kecintaan mereka terhadap al-Qur’an membuat mereka antusias untuk menggali lebih dalam mengenai materi yang disampaikan sehingga kegiatan ini diwarnai dengan diskusi yang cukup menarik.