SAMBUTAN KETUA STAI ASY-SYUKRIYYAH TANGERANG 

Disampaikan Pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Dalam Rangka Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/2020.

Di Aula Yayasan Islam Asy-Syukriyyah

2 Muharram 1441 H/ 2 September 2019 M

 

Assalamu ‘Alaikum wr. wb.

  • Kepada yang terhormat: Pimpinan Yayasan Islam Asy-Syukriyyah
  • Ketua Lembaga Pendidikan Islam Yayasan Islam Asy-Syukriyyah
  • Para Wakil Ketua, Para Ketua Prodi, Para Ketua Lembaga, dam para kepala Biro

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di Kampus STAI Asy-Syukriyyah Tangerang dalam rangka pengukuhan mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. Shalawat dan taslim kita curahkan kepada Nabiullah Muhammad SAW sebagai panutan dan Rahmatan Lil Alamin.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya, atas nama Ketua STAI dan seluruh sivitas akademika STAI Asy-Syukriyyah Tangerang mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada Ananda Mahasiswa Baru angkatan 2019 di Kampus Dakwah STAI Asy-Syukriyyah. Selanjutnya, kami ucapkan terima kasih kepada orang tua Ananda dan Ananda sendiri yang telah memilih STAI Asy-Syukriyyah Tangerang sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Kami berharap ananda dapat segera menyesuaikan diri dan mampu berkarya secara baik dengan suasana Islami yang ada di kampus ini.

Hadirin dan Ananda Mahasiswa Baru yang Berbahagia!

Jumlah mahasiswa yang dinyatakan lulus di STAI Asy-Syukriyyah Tangerang tahun 2019 sebanyak 239 orang dengan rincian: PAI =120, PGMI=15, PSY=20, IAT=45, HES=19 dan belum memilih Prodi : 19 orang.

Hal yang patut kita syukuri karena untuk tahun ini sebagaimana tahun sebelumnya, STAI Asy-Syukriyyah Tangerang menerima pendaftar dari beberapa daerah lintas provinsi seperti Riau, Jawa tengah, jawa Timur, Sumatera Selatan, Sulawesi, Maluku, NTB dan beberapa daerah lainnya. Kedepan Insya-Allah kita akan menerima pertukaran mahasiswa dari luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Turki, dll.

Hadirin dan Ananda Mahasiswa Baru yang Berbahagia!

STAI Asy-Syukriyyah Tangerang merupakan salah satu perguruan tinggi Islam terdepan di Kawasan tangerang raya yang hadir sebagai salah satu wujud tanggung jawab sebagai pelaku dakwah untuk umat dan bangsa ini dengan Visi MENJADI PERGURUAN TINGGI TERDEPAN DALAM PENGEMBANGAN ILMU AGAMA ISLAM BERBASIS DAKWAH PADA TAHUN 2035.

Untuk itu, kita wajib menjaga dan melakukan upaya untuk mengembangkan kampus kita tercinta ini agar selalu unggul, terdepan di berbagai ajang kompetisi baik tingkat daerah, nasional maupun internasional.

Era kekinian saat ini dipenuhi oleh banyak kejutan-kejutan yang dikontribusi oleh kemajuan teknologi informasi. Apa yang dulu seakan tidak mungkin, sekarang semuanya terjadi begitu cepat. Perubahan yang terjadi tidak lagi bersifat linear dengan lompatan berdasarkan deret hitung tetapi perubahan sudah bersifat eksponensial. Contoh sederhana seperti keberadaan apps-based transportation service seperti Grab, Go-Jek. Era inilah yang diistilahkan era Disruption (Gangguan), dimana korbannya adalah organisasi-organisasi mapan. Mereka yang sudah terbiasa dengan namanya yang tenar, membuat mereka tidak bergerak gesit/lincah. Sementara, di luar sana banyak anak-anak muda yang gesit, lincah, mengembangkan inovasi yang tidak terdeteksi oleh para incumbent ini.

Lalu bagaimana dengan Mahasiswa?

Untuk sukses di era revolusi industri 4.0, mahasiswa harus berani keluar dari zona nyamannya selama ini. Fokusnya tidak lagi sekedar memiliki pengetahuan yang cukup tetapi harus memiliki keterampilan yang memadai, kompetensi manajerial, kemampuan kerjasama, kemampuan membangun jejaring yang luas, kemampuan mengadaptasi kemajuan teknologi informasi, dan keahlian lain yang mendukung lahirnya kreatifitas dan inovasi dalam kegiatan belajarnya dan tentu saja mampu menjawab tantangan zaman dalam bingkai dakwah. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa baru beberapa hal yang harus Ananda lakukan adalah:

1. Asah Kemampuan Intelektual

Mahasiswa seringkali disebut sebagai agen perubahan yang ditandai sebagai kelompok yang selalu mengedepankan kemampuan intelektualnya dalam berpikir dan bertindak. Oleh karena itu, fokuskan energi Anda untuk mampu menyerap ilmu pengetahuan agama dan teknologi dengan baik. Salah satu indikatornya adalah bias menyelesaikan studi tepat waktu dengan Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi.

2. Aktif Berorganisasi

Mahasiswa seringkali phobia untuk aktif di organisasi kampus, baik yang intra maupun ekstra kampus karena beranggapan akan mengganggu aktivitas kuliahnya padahal aktif mengikuti perkuliahan bias parallel dengan aktif berorganisasi. Manfaat yang akan diperoleh melalui organisasi kemahasiswaan adalah mengasah kemampuan manajerial, kemampuan kerjasama, melatih kepercayaan diri, dan dapat memperluas jejaring dengan berbagai pihak.

3. Tingkatkan Skill

Skill atau keterampilan adalah hal mutlak yang paling dibutuhkan memasuki era revolusi industri generasi keempat. Oleh karena itu, mahasiswa tidak cukup membekali diri dengan pengetahuan tetapi juga harus memiliki keterampilan yang memadai.

4. Attitude (Sikap)/Akhlak Mulia

Tidak cukup dengan pengetahuan dan keterampilan, menghadapi era revolusi industri generasi keempat membutuhkan insan-insan yang memiliki karakter atau moral yang mulia. Oleh karena itu, mahasiswa Asy-Syukriyyah harus membangun jati dirinya sebagai agen dakwah yang memiliki kematangan dan kedewasaan dalam berpikir.

Hadirin dan Ananda Mahasiswa Baru yang Berbahagia!

Mulailah masuk di STAI Asy-Syukriyyah Tangerang dengan niat ikhlas dan insya-Allah akan menjadi dai dan daiyah yang ditinggikan derajatnya oleh Allah., “Amal perbuatan pasti disertai dengan niat, dan setiap orang akan  mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya. Siapa yang hijrah semata-mata karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya; siapa yang hijrah karena dunia yang akan dia dapatkan, atau hijrah karena seorang perempuan yang akan dia nikahi, maka hijrahnya sesuai dengan tujuannya,” (Muttafaq Alaih).

Semoga Allah SWT melimpahkan kepada kita semua rasa kepedualian dan kebersamaan yang tinggi serta kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan kegiatan dan tugas kita bersama di kampus yang kita cintai ini. Amin.

Nasrun minallah wafathun qarib, Fastabiqul Khaerat Wassalamu alaikum wr. wb.

Tangerang, 02 Muharram 1441 H

02 September 2019 M

Ketua STAI

Jamaludin Nibun, Lc, MA