PKM bertemakan Literasi Riba dalam Perekonomian Modern kembali diselenggaarakan STAI Asy-Syukriyyah bekerja sama dengan DKM Masjid Al-Ikhlas Komplek Garuda Cipondoh Tangerang pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021. Acara PKM yang dimulai setelah shalat subuh hingga pukul 07.00 ini menjadi menarik karena kajian riba dibaur dengan tema-tema muamalah lainnya.

PKM diawali oleh Dr. M. Nurul Alim selaku ketua kelompok dosen dengan menyampaikan pentingnya literasi riba karena banyak transaksi oleh para pelaku bisnis dibungkus dengan berbagai nama dan mekanisme yang berbeda, mengandung praktek riba. Fikih riba dan dampak kepada pribadi dan masyarakat disampaikan oleh Farhan Kamiluloh, SH.I, M.Ag, dilanjutkan dengan peran Lembaga keuangan Syariah sebagai solusi riba oleh Djaka Suryadi, MM, Ph.D (C) dan ditutup dengan materi dampak riba dalam perekenomian modern. Para dosen yang melaksanakan PKM berasal dari Prodi Perbankan Syariah dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah menyampaikan kajian sesuai kompetensi masing-masing.

Antusias jamaah terhadap tema ini cukup tinggi, ditandai dengan tanya jawab kasus-kasus pribadi dalam jual beli dan muamalah sesama manusia. PKM ini dihadiri oleh 70 peserta. Pertanyaan riba melebar ke tema bisnis kontemporer, utang piutang dan gadai. Peserta yang pebisnis, setelah mengikuti kajian ini, mengungkapkan kekhawatiran usaha bisnisnya mengandung praktek riba. (NA 210821).