Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat urgen dalam upaya proses pengembangan bagi PTKIS, oleh karena itu Kopertais wilayah I DKI Jakarta mengadakan studi banding dan sekaligus menandatangani kerjasama antar PTKIS dengan UII dan UMY.

Gagasan dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 November 2019, diikuti oleh 16 PTKIS yang diwakili oleh pimpinan dan wakil PTKIS dibawah binaan Kopertais I DKI Jakarta.

Acara pertemuan dengan Kopertais III dilaksanakan di Aula Kopertais Kampus UIN Yogyakarta pada jam 10.00. dihadiri oleh seluruh pimpinan Kopertais III dan jajaran pimpinan Kopertais I DKI Jakarta. Dalam acara tersebut diawali dengan sambutan wakor kopertais wilayah 1 DKI yang menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ke Yogyakarta yaitu upaya pengembangan mutu PTKIS yang membawahi 64 PTKIS, selain itu wakor telah menyampaikan sejumlah kegiatan-kegiatan dalam upaya peningkatan mutu PTKIS seperti pelatihan-pelatihan dalam bidang professionalitas dosen, penelitian, dan pengabdian, sertifikasi dosen, pelatihan mutu operator, dll.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke UII dan UMY. UII dan UMY dipilih karena berdasarkan pada pertimbangan bahwa UII adalah universitas megah dengan sistem IT yang terbaik, sementara UMY adalah perguruan tinggi Muhammadiyah yang terbaik dengan nilai akreditasi A. Dalam kunjungan tersebut diadakan pertemuan dan sambutan-sambutan dan dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama lembaga (MoU) dengan PTKIS dibawah Kopertais yang di hadiri oleh para pimpinannya.

Pada hari kedua, para pimpinan Kopertais dan Pimpinan PTKIS melakukan rihlah ke Goa Pindul, candi Prambanan, candi Borobudur, dan objek wisata lainnya. Kemudian sorenya persiapan pulang ke Jakarta.

Dari pertemuan ini diharapkan ada informasi buat PTKIS untuk program pengembangan dan membuat kebijakan-kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu.

Tangerang, 22 November 2019

Jamaludin