Kopertais Wilayah 1 DKI Jakarta pada Kamis 10 September 2020 mengadakan acara Sosialisasi Kepangkatan Akademik Dosen. Acara ini dilaksanakan mulai pada pukul 09.30 dan dibuka oleh Wakor Kopertais 1 Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, MA,. Adapun STAI Asy-Syukriyyah diwakili oleh sdr. Supriadi. M.Ag wakil Ketua 1 Bid. Akademik.

Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa ada 2 hal penting dalam karir dosen yaitu kualifikasi dan Kepangkatan. Oleh karena itu menurut beliau harus ada upaya keras dari dosen untuk meningkatkan pendidikan dan kepangkatan dari Tenaga Pengajar sampai ke tingkat Professor. Wakor berharap dosen PTKIS yang sudah bergelar Doktor agar segera di urus kepangkatannya. Salah satu kiat nya adalah sering silaturahmi dan sedekah ke operator serta berdoa.

Acara ini di pandu oleh Sekretaris Kopertais Wilayah 1 Jakarta & Banten Dr. Supriyadi Ahmad, MA. Sebagai narasumber Ibu Sri Agustin S.Kom dari Biro Ketenagaan Diktis Kemenag RI.

Dasar hukum sistem kepangkatan secara online adalah berdasarkan pada :

  1. PP Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pendidikan Tinggi Keagamaan.
  2. Permendikbud No. 92 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen;
  3. Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit 2019 beserta suplemennya (berlaku 2020);

Pada intinya adalah secara umum ada beberapa perubahan kebijakan dalam kepangkatan diantaranya :

  1. Kepangkatan melalui online
  2. Peningkatan di standar tulisan dan jurnal serta publikasi juga menggunakan sistem similarity cek.
  3. Linieritas pendidikan
  4. Angka bobot penilaian
  5. dan lain – lain.

Khusus di STAI Asy-Syukriyyah sudah ada 9 dosen yang memperoleh Lektor 200, 300 selebihnya masih Asisten Ahli. Semoga dalam waktu beberapa tahun ke depan sudah ada peningkatan.

Kami ucapkan terimakasih kepada Tim media Kopertais Wilayah 1 Jakarta & Banten semoga semua PTKIS di wilayah 1 Jakarta & Banten semoga sukses. Terimakasih kami ucapkan juga kepada Prof. Ahmad Thib Raya, dan staffnya yang telah menfasilitasi kegiatan ini.

Semoga Allah selalu mempermudah langkah kita dalam mengembangkan PTKIS. Aamiin

Ttd.

Supriadi