Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Alhamdulillah rabbil ‘alamin…dalam perkembangannya, STAI Asy-Syukriyyah terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas, hal itu terlihat dari grafik peningkatan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun, demikian juga dari segi pengembangan kampus. Saat ini jumlah mahasiswa aktif yang terdaftar di PD-Dikti 868 mahasiswa. Alhamdulillah terdapat peningkatan jumlah yang mendaftar dalam 3 tahun ke belakang. Pada tahun 2020 jumlah pendaftar lebih dari 300 calon mahasiswa, sementara yang lulus seleksi dan ditetapkan sebagai mahasiswa sebanyak 246 mahasiswa. Insya-Allah target jumlah mahasiswa baru 2021/2022 adalah 350 mahasiswa.

Secara Keseluruhan Mahasiswa yang dinyatakan Lulus pada tahun ini telah melampaui indikator Rata-rata pada semester ini. Yang mendaftar Ujian Skripsi  83 orang, sementara yang lulus Ujian Skripsi 82 orang, sehingga yang diwisuda hari ini adalah 82 orang. Adapun Rincian peserta wisuda sebagai berikut: Prodi Pendidikan Agama Islam, 40 Orang, Prodi Hukum Ekonomi Syariah 11 Orang, Prodi Ilmu Al-Qur’an & Tafsir 15 orang dan Prodi Perbakan Syariah 16 orang.  Adapun IPK Tertinggi pada tahun ini, 3.92 dan Predikat Cumlaud (Nyaris Sempurna),  dan ini adalah IPK tertinggi dalam 19 tahun kebelakang, sedangkan yang terendah  IPK 3.00. Masa studi tercepat 8 semester atau 4 tahun, dan yang terlama 9 semester atau 4.5 tahun.

Saat ini jumlah alumni STAI Asy-Syukriyyah yang tersebar di seluruh Indonesia berjumlah 1.068 orang, dengan rincian,  Prodi PAI = 633 Alumni, Prodi Muamalah / HES = 265  alumni, Prodi IAT : 40 alumni, dan Prodi P.Sy : 130 alumni.

Alhamdulillah pelaksanaan wisuda ke 13 Tahun Akademik 2021/2022 dilaksanakan pada hari sabtu, 27 November 2021. Secara umum pelaksanaannya berjalan lancar dan tidak ada hambatan yang berarti. Oleh karena itu kami ucapkan kepada seluruh sivitas akademik, para dosen, panitia, mahasiswa, yang telah terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini. Wisuda kali ini diikuti oleh 82 wisudawan. Dengan data sebagaimana yang telah disebutka di atas.

Ada yang berbeda pelaksanaan pada tahun ini, yaitu adanya ucapan tahniah yang bersumber dari para artis muslim terkenal, dari Ust. Abdul Shomad, Ketua PBNU Tangerang, Pimpinan Ponpes Tebu Ireng, para pengusaha muslim, anggota dewan dan yang mengejutkan ucapan dari Gubernur DKI Jakarta Dr. Anis Baswedan. Yang memberikan ucapan dan nasehat selama 1 menit.

Pada aspek SDM, Alhamdulillah mulai ada peningkatan dari tingkat strata pendidikan, dimana standar yang semakin ketat membuat STAI Asy-Syukriyyah dalam beberapa tahun ke depan mentargetkan semua dosen bergelar akademik Doktor.

Beberapa indikator kemajuan ini menunjukkan bahwa masyarakat kini mulai melihat sistem pendidikan islami yang kita tawarkan. Oleh sebab itu dalam kesempatan yang ini, izinkan kami untuk menyampaikan rasa  terimakasih kepada semua pihak, terutama pada:

  1. Pemerintah provinsi Banten dan pemerintah kota tangerang yang telah membimbing kami dengan baik untuk mewujudkan masyarakat yang berkahlakul karimah.
  2. Para steakholder dari lembaga/yayasan/ormas/media yang ikut memberikan andil kepada kami dalam pengembangan pendidikan.
  3. Orang tua dan mahasiswa serta masyarakat yang telah memberi kepercayaan kepada kami untuk memberikan pendidikan yang terbaik kepada putera/puterinya.
  4. Kopertais Wilayah 1 Jakarta & Banten yang tidak pernah lelah dalam melakukan bimbingan, monitoring dan evaluasi secara berkala.

Dalam kesempatan tersebut ketua STAI memberikan pesan kepada para wisudawan agar:

  1. Ingatlah pesan kami saat kalian pertama kali mengikuti pendidikan di STAI Asy-Syukriyyah, bahwa segala sesuatu perbuatan baik harus diniatkan dengan ikhlas.
  2. Hendaklah selalu taat kepada Allah dan rasulnya serta taat pada ajaran agama Islam.
  3. Hendaklah taat dan patuh serta rendah hati kepada kedua orang tua dan masyarakat karena padi yang berisi akan tunduk dan rendah hati.
  4. Jagalah nama baik almamater STAI Asy-Syukriyyah, dengan penuh integritas, berkomitmen, serta dapat memberikan feedback yang positif kepada almamater guna perbaikan proses pembelajaran dimasa yang akan dating, karena selain ia adalah kampus Islam, STAI Asy-Syukriyyah juga merupakan icon dakwah yang berada di provinsi Banten.

Pimpipnan STAI dan segenap civitas akademika seluruh keluarga besar STAI Asy-Syukriyyah mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studinya di STAI Asy-Syukriyyah, kami ucapkan selamat juga kepada Bapak Ibu orangtua atau wali wisudawan wisudawati yang telah mengantarkan putra-putrinya dengan jerih payah dan penuh perjuangannya sampai ke jenjang pendidikannya sarjana hingga wisuda.

Wassslamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh…

 Ketua Panitia

Ruslan Husen Marasabessy