WISUDA adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada Perguruan Tinggi. Biasanya prosesi wisuda diawali dengan prosesi masuknya rektor/ketua PT dan para Wakilnya dengan dekan-dekannya dan Ketua Prodi guna mewisuda para calon wisudawan. Biasanya setelah acara selesai dilakukan acara foto-foto bersama dengan orang tua, teman-teman serta suami/istri dari wisudawan/wisudawati atau dengan pasangan wisudawan/wisudawati.

Dilakukan biasanya setiap akhir semester dalam kalender akademik baik semester genap maupun semester gasal (ganjil). Pada wisuda biasanya memakai pakaian yang ditentukan, pakaian pria menggunakan hem putih dan celana hitam bersepatu hitam, pakaian wanita menggunakan kebaya tradisional tipis dengan kain jarik, tapi secara umum menggunakan baju toga.

Wisuda Sarjana juga merupakan Upacara akademik yang secara resmi dilakukan setiap tahunnya untuk melepas alumninya secara sebagai tanda bahwa kegiatan proses belajar mengajar yang ditempuh oleh mahasiswa telah selesai. Selesainya nya proses akademik ditandai dengan hasil sidang yudisium yang dilakukan oleh ketua STAI, ketua Prodi dan Dosen untuk menetapkan kelulusan, pemberian ijazah dan nilai transkrip.

Pelaksanaan Wisuda Sarjana STAI Asy-Syukriyyah tahun 2020 dilaksanakan selama 1 hari mengacu pada Kalender Akademik Semester Ganjil 2020/2020.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan wisuda Sarjana ke XII angkatan 18 STAI Asy-Syukriyyah Tangerang Tahun sebagai berikut:

  1. Untuk melepas alumni dari setiap Program Studi sebagai tanda selesainya satu tahap jenjang pendidikan.
  2. Melaksanakan upacara akademik sebagai tanda pelepasan alumni secara resmi yang disaksikan oleh para Senator, dan orang tua mahasiswa.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan Wisuda Sarjana angkatan 18 STAI Asy-Syukriyyah Tangerang Tahun 2020 sebagai berikut:

  1. Alumni yang dihasilkan setiap tahun diharapkan dapat diterima di masyarakat.
  2. Diharapkan alumni dapat menjadi panutan di masyarakat
  3. Alumni diharapkan diterima di pasaran.
  4. Alumni diharapkan bisa menjadi penerus dakwah para ulama sesuai dengan bidang dan kompetensi yang dimiliki.

Upacara Wisuda ke XII pada angkatan 18 tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2020 bertempat di gedung Menara Top Food Alam Sutera Kota Tangerang. Dalam rapat senat terbuka luar biasa, yang terdiri dari  senat, wisudawan, orang tua wisuda, pihak Kopertais dan Undangan dari PTKIS di wilayah Tangerang.

Walaupun dalam kondisi pandemi Covid 19, sejak awal perencanaan panitia komitmen untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menugaskan petugas khusus untuk mengontrol terjadinya penumpukkan massa. Pihak pengelola gedung pun sudah memiliki izin dari pihak pemkot setempat, menyediakan semua perangkat yang mendukung kesehatan seperti hand sanitizer, wastapel, dll. Pihak wisudawan dan senat pun diwajibkan memakai masker dan faceshield.

Walaupun pelaksanaan wisuda berjalan lancar, namun masih terdapat kekurangan-kekurangan, tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan segera, kemudian tentunya menjadi pelajaran bagi pelaksanaan kegiatan wisuda berikutnya.

Kegiatan Wisuda Sarjana yang dilaksanakan menghasilkan alumni yang diharapkan dapat terserap dipasaran kerja seperti lembaga Pendidikan Islam, Lembaga Keuangan Syariah, Lembaga Hukum atau advokat, sebagai ANS, atau sebagai pengusaha muslim. Untuk angkatan 18 tahun 2020 ini melahirkan alumni sebanyak 82 alumni dari 4 Prodi, sehingga total sluurh alumni STAI Asy-Syukriyyah adalah 986 alumni dengan rincian Prodi PAI sebanyak 42, Prodi HES sebanyak 6 orang, Prodi IAT sebanyak 10 orang, dan Prodi Perbankan Syariah sebanyak 24 orang.

Demikian laporan pelaksanaan wisuda Sarjana ke XII angkatan 18 Tahun 2020 dengan tujuan agar menjadi bahan perbandingan untuk kegiatan wisuda berikutnya. Akhirnya, kepada Allah jualah segala urusan dan amal usaha diserahkan dan dikembalikan untuk dipertanggung jawabkan dan diterima sebagai amal ibadah disisi-Nya. Amin.