Jum’at, 30 Agustus 2019, Kopertais Wilayah I DKI Jakarta mengadakan Pelatihan Open Journal System (OJS), bertempat di Aula 1 Gedung Kopertais, kompleks UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Peserta yang diundang merupakan operator OJS di kampus masing-masing. Dan STAI Asy-Syukriyyah menjadi salah satu pesertanya.

Pelatihan dibuka oleh sekretaris Kopertais, Bpk. Dr. H. Supriadi Ahmad, MA. Sementara sebagai pembicara adalah Bpk. Dwi Fajar Saputra, yang juga merupakan ketua koordinator Relawan Jurnal Indonesia daerah DKI Jakarta. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah materi tentang regulasi jurnal ilmiah, dan sesi kedua adalah materi tentang pengelolaan OJS.

Teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang berdampak pula pada pengelolaan dan penerbitan jurnal ilmiah yang semula tercetak dengan proses cukup lama, kini menjadi lebih cepat dengan proses secara elektronik. Pengiriman, penyuntingan, penelaahan, dan penerbitan naskah karya ilmiah dilaksanakan dalam suatu sistem aplikasi yang dinamakan jurnal ilmiah elektronik (e-journal). Dengan sistem seperti ini, proses pengindeksan dan dampak ilmiah atau sitasi suatu tulisan pun akan diketahui dengan cepat sehingga manfaat dari suatu karya tulis ilmiah dapat dirasakan dan dipantau segera.

OJS merupakan software pengelolaan Jurnal Ilmiah berbasis online yang digunakan oleh hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia bahkan dunia. Saat ini OJS sudah pada tahap pengembangan versi 3. Untuk mengelola OJS, tentu diperlukan keahliaan secara khusus. Oleh sebab itu Kopertais mengadakan pelatihan pengelolaan OJS, agar Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTKIS) yang berada di bawah bimbingan Kopertais dapat mengelola OJS dengan baik.

Dengan dikelolanya OJS secara baik, maka proses akreditasi jurnal akan lebih mudah untuk mendapatkan nilai yang baik pula. Dan nilai akreditasi jurnal yang baik, akan berpengaruh kepada kredibilitas penulis pada jurnal tersebut, yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai kum pada kepangkatan dosen.

-dyt-