Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMP PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyyah telah sukses melaksanakan Webinar Pendidikan Nasional yang di laksanakan secara virtual pada hari Minggu, 12 Desember 2021. Pukul 08.30 – 12.30 WIB.

Adapun sasaran peserta yang mengikuti kegiatan Webinar Pendidikan Nasional adalah Mahasiwa-mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyyah, Dosen, Pendidik dan juga untuk umum. Alhamdulillah Kegiatan ini di hadiri oleh 375 lebih peserta.

Tema Webinar Pendidikan Nasional ini adalah “Guru dan Kesehatan Mental dalam Pendidikan Islam” tema ini di angkat karena dalam kondisi Pandemi seperti ini kesehatan Mental guru sangat perlu di perhatikan. Guru memiliki peranan penting untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui aktivitas belajar. Untuk itu jika kesehatan mental seorang pendidik terganggu, maka peserta didik akan merasa tidak aman dan nyaman di dalam proses pembelajaran. Sehingga disini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mental dari diri guru sendiri. Agar peserta didik tetap merasa nyaman dibawah arahan guru. Guru yang memiliki kesehatan mental yang baik akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap kemampuan dirinya, mampu mengelola emosi dengan baik,  memiliki pola pikir yang positif.

Pembicara yang di undang, yaitu :

  1. Zubairi Muzakki, M.Pd.I, Sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyyah. Yang menyampaikan materi dengan tema  “Peran penting pendidikan islam”
  2. (Psi) Zulia Ilmawati. Sebagai Konsultan Psikologi. Yang menyampaikan materi dengan tema  “Faktor, gejala, dan solusi kesehatan mental guru”.
  3. Ahmad Dimyati, M.Pd. CHI, IBH-CI. Sebagai Jawara Motivasi No. 1 Banten. Yang menyampaikan materi dengan tema “Motivasi menjadi guru yang sehat mental dan menginspirasi”.

Tujuan dari acara ini adalah :

  1. Menambah wawasan tentang peran penting pendidikan agama islam
  2. Meningkatkan kinerja pendidik yang sehat mental saat kegiatan belajar mengajar
  3. Membangun motivasi dalam diri agar menjadi pendidik yang menginspirasi

Kami ucapkan terimakasih kepada Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyyah, seluruh Civitas Sekolah Tinggi Agama Islam Asy-Syukriyyah, seluruh panitia dan peserta Webinar Pendidikan Nasional. Dan para sponsor yang telah mendukung acara ini.

Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin Yaa Robbal’Alamiin.