Kamis, 20 Agustus 2020. Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) STAI Asy-Syukriyyah menyelenggarakan Webinar dengan tema “Komprehensifitas Tafsir Al-Qur’an”. Webinar kali ini diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Meeting yang juga disiarkan melalui kanal youtube STAIS TV.

Para pengisi acara antara lain, Prof. Dr. KH. Said Agil Husin Al Munawar, MA (Menteri Agama RI periode 2001-2004) sebagai narasumber pertama, dan Dr. H. Muchlis Muhammad Hanafi, MA (Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an KEMENAG RI) sebagai narasumber kedua. Serta acara dimoderatori oleh H. Achmad Zubairin, Lc., M.A.Hum. (Ketua Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAI Asy-Syukriyyah Tangerang).

Prof. Dr. KH. Said Agil Husin Al Munawar, MA dalam pemaparannya mengatakan “Berbicara Al-Qur’an, baik isi dan kandungannya, berarti kita berbicara sesuatu yang dipastikan tidak ada kata selesainya, mengingat isi dan kandungan Al-Qur’an yang begitu luas, universal, dan komprehensif, sehingga mencakup semua permasalahan umat manusia. Baik ketika umat pada saat Al-Qur’an itu diturunkan, setelahnya, saat ini, maupun umat yang akan datang.”

Sementara Dr. H. Muchlis Muhammad Hanafi, MA dalam pemaparannya mengatakan bahwa “Kajian tentang Al-Qur’an dan Tafsirnya selalu menarik untuk dibahas karena karakternya yang dinamis serta keajaiban Al-Qur’an tidak pernah habis. Kajian tentang Al-Qur’an tidak akan pernah selesai karena membutuhkan waktu yang panjang, sementara umur manusia pendek.”

Peserta webinar kali ini mencapai 150 peserta, baik yang mengikutinya di aplikasi zoom maupun yang menyaksikan melalui kanal youtube STAIS TV.

Semoga acara webinar kali ini dapat memberikan kita wawasan baru tentang luasnya ilmu Al-Qur’an.