Dr. Evan Hamzah Muchtar, S.E., M.E.Sy. saat menjadi pemateri webinar.

Senin 13 Juli 2020

Dosen STAI Asy-Syukriyyah dipercaya menjadi salah satu narasumber pada acara Seminar Online dalam rangka menyambut hari Koperasi ke-73.

Acara yang diprakarsai oleh Lembaga Pengelolaan, Pembinaan dan Pengembangan Wirausaha (LP3W) ini mengangkat tema “Membangun Peran Serta Koperasi Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Masa Pandemi”.

Seminar yang berlangsung dari pukul 13.00-15.00 ini menghadirkan H. Arief R Wismansyah (Walikota Tangerang) sebagai Keynote Speaker. Dalam sambutannya Walikota Tangerang menyampaikan keresahan fenomena yang terjadi di masyarakat dengan semakin maraknya rentenir dan pinjaman online. Beliau berharap acara seminar online ini dapat memberikan solusi kongkret dalam memberdayakan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh tiga orang narasumber, yaitu Teddy Bayu Putra, S.Sos., M.Si (Kadis Perindagkop UKM Kota Tangerang), Muryatno Al Baro, S.E (Wakil Dekopinda Kota Tangerang), dan perwakilan dari akademisi yaitu Dr. Evan Hamzah Muchtar, S.E., M.E.Sy (Dosen STAI Asy-Syukriyyah).

Kepala Dinas Deperindagkop UKM Kota Tangerang menyampaikan peran pemerintah kota dalam mendirikan koperasi berbasis kelurahan di seluruh kelurahan Kota Tangerang. Selain itu juga disampaikan tentang dukungan dalam pemberdayaan UMKM dengan melibatkan perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Tangerang.

Sedangkan Pak Muryatno Al Baro, S.E menyampaikan peranan Dekopinda Kota Tangerang dalam membina koperasi dan memberdayakan UMKM melalui program-program strategis.

Dalam paparannya Dr. Evan Hamzah Muchtar, S.E., M.E.Sy yang juga menjabat sebagai Dewan Pengawas Manajemen di Koperasi Syariah BMT Bisma dan Pengawas LP3W menyampaikan materi terkait peran koperasi selama masa pandemi Covid-19 yaitu dalam mendukung Gerakan Kedermawanan dan Gerakan Ketahanan Pangan.

Seminar online ini berjalan lancar dengan dipandu oleh Bapak Hermawanto Soma, S.H., M.Hum selaku moderator dan Bapak Edi Prasetyo, S.Kom sebagai host.