Mengikuti kegiatan Praktek Kerja lapangan (PKL) menjadi syarat wajib bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktek di dunia kerja. PKL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar mampu beradaptasi dengan dunia kerja. STAI Asy-Syukriyyah sejak 2018 telah menjalin kerja sama dengan BAZNAS Kota Tangerang untuk menerima mahasiwa PKL.

Secara akademis, mahasiswa telah memahami Fikih Zakat Infak dan Sedekah dan manajemen Organisasi Pengelola Zakat (OPZ). Dengan PKL, mahasiswa dapat menerapkan teori yang telah dipelajari di bangku kuliah pada permasalahan riil di dunia kerja.. PKL yang berlangsung sejak 16 September 2020 ini diikuti oleh 4 mahasiswa Prodi Perbankan Syariah yaitu Rizki Ramadhan , Jaya Efendi, Teguh Imanudin, dan Nisa Shabila Assyukri. Peserta PKL mendapatkan pengalaman praktek berupa prosedur pengajuan dana BAZNAS, seleksi eligibiltas mustahik mulai dari berkas hingga survei lapangan, dan ikut menyalurkan zakat kepada mustahik. Nisa Shabila menceritakan suka duka PKL yaitu adanya mustahik yang tidak bisa baca tulis karena usianya sudah tua sehingga perlu dibantu mengisi formulir. Juga ketika survei, ada alamat di formulir mustahik bukan alamat lengkap sehingga sempat nyasar dan bingung mencari alamatnya. Secara umum para mahasiswa telah mendapatkan sharing pengalaman dari Bapak Qhordon sebagai pembimbing lapangan dan para staf di BAZNAS Kota Tangerang.

Kegiatan PKL ditutup secara resmi ditutup oleh Ketua BAZNAS Kota  Tangerang KH M Aslie Al-Khusaeri.  Pembimbing PKL Dr M. Nurul Alim, ME di kesempatan penyerahan plakat di hari Selasa, 26 Januari 2021 mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas bimbingan Pengurus dan staf BAZNAS Kota Tangerang.

(NA 270121).