Selasa, 18 Agustus 2020. Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Asy-Syukriyyah, bekerjasama dengan STIT Islamic Village Tangerang dan STIT Ya’mal, menyelenggarakan Webinar yang bertemakan “Peranan Orang Tua Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19”.

Para pengisi acara diantaranya, Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, MA., yang merupakan Wakil Koordinator Kopertais Wil. I DKI Jakarta, sebagai keynote speaker. Ketua Prodi PAI STAI Asy-Syukriyyah Dr. Zubairi Muzakki, M.Pd.I sebagai pembicara pertama. Dr. H. Muhyidin Tohir Tamimi, MA., Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Islamic Village sebagai pembicara kedua. Sementara acara dimoderatori oleh Bpk. Aan Sutandi, M.Pd.I, yang juga merupakan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ya’mal Tangerang.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, MA., mengatakan bahwa “pembentukan akhlak pada anak itu merupakan suatu keharusan, yang mesti dilakukan sejak dini dan tidak boleh ditunda, karena akan menjadi kebiasaan yang membentuk watak anak kelak. Orang tua menjadi role model pembentukan akhlak anak.”

“Pandemi covid tidak boleh menjadi penghalang pembentukan akhlak anak, justru dijadikan momentum untuk kembali prinsip awal pendidikan anak, bahwa orang tua di rumah merupakan Madrasah atau sekolah pertama dan utama. Harus ada sinergi antara guru dan orang tua sehingga menimbulkan energi positif bagi peserta didik” Pesan Dr. Zubairi Muzakki, M.Pd.I. kepada para peserta.

Sementara Dr. Muhyidin Tohir Tamimi, MA., mengatakan “Anak merupakan anugerah dari Allah SWT yang telah diberikan kepada kita, oleh karena itu wajib hukumnya kita sebagai orang tua medidik anak, baik anak kandung maupun anak didik. Oleh sebab itu sebagai seorang pendidik hendaknya kita harus paham betul bagaimana mendidik anak di era pandemi covid-19 ini.”

Webinar ini diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Meeting yang juga disiarkan secara langsung di kanal youtube STAIS TV, sehingga bagi peserta yang tidak dapat  masuk ke zoom bisa menyaksikannya di kanal youtube STAIS TV. Webinar diikuti lebih dari 130 peserta, baik melalui zoom maupun yang menyaksikannya di kanal youtube. Bagi anda yang tidak sempat mengikuti webinar secara langsung pun masih dapat menyaksikan siarannya di kanal STAIS TV.

Semoga acara webinar ini dapat menambah wawasan kita dalam mempersiapkan generasi muda, khususnya anak-anak dan peserta didik kita untuk memiliki akhlak mulia.